Sabtu, 22 Oktober 2011

Unik, Pohon Kamboja Berdaun Pisang di Mojokerto

Ada yang aneh di halaman rumah milik Sutikno (75) di Prajuridkulon Gang V1 No 23, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto ini. Kamboja miliknya yang ditanam sejak tujuh tahun lalu, tiba-tiba muncul daun pisang pada bonggolnya.


Pemilik kamboja berdaun pisang, Sutikno mengaku menanam sendiri kamboja itu sejak tujuh tahun silam. ”Saya menanam kamboja ini sendiri, saya tanam di pot semen kecil hanya menggunakan tanah. Dan memang sengaja saya buat bonsai,” ungkapnya, Sabtu (22/10/2011).

Menurutnya, tidak ada yang aneh dari kamboja berbunga merah putih ini. Namun, sejak sebulan lalu, ada keanehan dari bonggol bonsai kambojanya. Karena dari bonggol bonsai kambojanya muncul daun yang menyerupai daun pisang. Bahkan, kini jumlahnya mencapai tujuh helai.

”Tadinya saya tidak begitu memperhatikan, saya sendiri kurang tau kapan daun pisang itu muncul. Karena lama-kelamaan, daun yang mirip daun pisang yang ada dibonggol itu tumbuh semakin lembar dan banyak. Saat ini, ada tujuh helai,” katanya.

Ia memperlakukan sama dengan bonsai miliknya yang lain, tidak ada yang berbeda. Setiap harinya, ia menyiram bonsai kambojanya itu dengan menggunakan air leri (air dari cucian beras, red). Daun yang mirip daun pisang kecil tersebut lebih mirip dengan pisang kecil yang tumbuh dibonggol bonsai kambojanya.

”Setelah hampir sebulan ini, selain banyak daunnya, daunnya juga makin lebar. Saat ini lebarnya mencapai 10 cm dan di sisi tepi daunnya berwarna merah tipis. Saya belum niat menjualnya jika memang ada yang berminat dengan bonsai kamboja milik saya ini. Karena memang saya tanam sendiri dari kecil jadi sayang kalau dijual,” lanjutnya. (Sumber: Inilah.com)

Arsip Blog