Sabtu, 22 Oktober 2011

Pria Tidak Lebih Lucu Daripada Perempuan

Pria dianggap lebih lucu daripada wanita dan seterotip ini diamini oleh banyak orang. Namun, ternyata studi menunjukkan bahwa pria tidak lebih lucu. Jikalau pun memang iya, perbedaannya hanya sedikit. Meski masih banyak pria yang tetap menganggap mereka lebih lucu dibandingkan perempuan.


"Saya selalu bingung dengan stereotip ini. Saya bukanlah seorang komedian, tapi saya tahu bahwa mahasiswa saya berpikir bahwa saya lucu," kata penulis penelitian, Mickes Laura dari pasca-doktoral Departemen Psikologi UC San Diego.

Untuk memastikan siapa yang lebih lucu, peneliti meminta 32 orang mahasiswa sarjana yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 16 orang perempuan, untuk menulis keterangan mengenai kartun dari harian The New Yorker dalam ruangan yang tenang selama 45 menit.

Percobaan tahap pertama menghasilkan 640 keterangan dan pada tahap kedua, 34 orang siswa laki-laki dan 47 orang siswa perempuan menilai keterangan tersebut dalam proses lima putaran.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Bulletin Psychonomic & Review ini menghasilkan bahwa pria mendapat skor sedikit lebih lucu sebesar 0,11 poin daripada wanita pada skala lima poin. Meski demikian, sekitar 90 persen peserta penelitian tetap setuju dengan stereotip bahwa laki-laki lebih lucu.

"Sedikit benar bahwa laki-laki lah yang lebih lucu, terutama untuk pria lain," kata Mickes seperti dilansir TheStar.com, Sabtu (22/10/2011).

Perdebatan mengenai siapa yang lebih lucu ini dimulai oleh seorang penulis bernama Christopher Hitchens lewat tulisannya di majalah Vanity Fair tahun 2007 berjudul "Mengapa Wanita Tidak Lucu".

Dalam majalah tersebut Hitchens menulis bahwa laki-laki perlu menjadi lucu untuk mengesankan lawan jenis, sementara wanita tidak perlu menarik laki-laki dengan cara yang sama.

"Aku punya teman perempuan yang lucu, ibu saya, adik saya. Jadi dalam seluruh hidup saya, saya anggapan yang berlawanan bahwa wanita benar-benar lucu dan aku selalu berpikir begitu," pungkas Mickes.

Ia juga merasa kecewa melihat rekan penulis penelitiannya yang berjenis kelamin laki-laki senang menemukan bahwa perempuan tidak lebih lucu daripada pria.(sumber: detikhealth.com)

Arsip Blog