Rabu, 26 Oktober 2011

Maskapai Yang Merekrut Waria Sebagai Pramugarinya

Bisnis penerbangan yang sangat ketat membuat berbagai maskapai melakukan 'inovasi'. PC Air, maskapai asal Thailand, membuat heboh bisnis penerbangan dengan merekrut para pramugarinya dari kalangan: waria!

Waria atau transsexual di Thailand terkenal dengan sebutan Lady boy. Dalam bahasa lokalnya mereka disebut 'katoeys'. Dalam berbagai liputan, waria Thailand malah bisa lebih 'cantik' daripada gadis aslinya.

Dan di Thailand kelompok masyarakat ini memang bisa diterima lebih bebas ketimbang di negara lain. Waria Thailand bisa mendapat pekerjaan di bebagai bidang, tak terbatas di dunia hiburan atau kecantikan.



Mengapa PC Air nekat merekrut waria sebagai pramugarinya? Menurut PC Air, waria akan membuat citra dan layanan PC Air terasa berbeda ketimbang maskapai lainnya.

Rencananya PC Air akan terbang di langit Thailand April mendatang. Kebijakan merekrut waria ini tadinya tidak ada dalam strategi bisnis. PC Air tadinya 'normal' saja merekrut pramugari dan pramugara. Namun ternyata ada ratusan surat lamaran dari waria yang masuk ke kantor mereka.

PC Air tidak membedakan ujian awak kabin bagi kaum waria. Semua mengikuti tes yang sama dan kualifikasi penerbangan yang ketat. Dari ratusan pelamar waria, akhirnya empat waria akan menjadi pramugari waria pertama di Thailand.

Oh, satu lagi. PC Air secara khusus terpaksa melatih para waria ini berdasarkan preferensi perempuan mereka. Maksudnya, para waria akan diajarkan cara berjalan yang baik, cara berbicara yang baik, cara berbicara yang feminim, dan berkelakuan layaknya perempuan. Ada-ada saja! Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba PC Air Thailand, siap-siap 'tertipu' dengan penampilan para pramugarinya. Siapa tahu Anda berurusan dengan pramugari waria yang mengatakan, "Ada yang bisa saya bantu Pak/Bu?"(republika)

Arsip Blog